KEGUNAAN ANGGUR

KEGUNAAN ANGGUR
sumber diambil dariĀ http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Nutrition&y=cybermed%7C0%7C0%7C6%7C392

Kombinasi bentuknya yang kecil, bundar/lonjong dengan rasa yang manis, juicy, membuat anggur menjadi makanan kegemaran siapapun dimanapun. Selain rasa dan bentuknya, anggur punya kelebihan lain yang tersembunyi, sebuah rahasia besar. Berikut ulasannya:

Keberadaan anggur sudah dikenal sejak adanya peradaban manusia. Konsumen pertamanya kemungkinan adalah para pemburu atau pengumpul makanan karena buah ini bisa tergolong buah-buahan liar. Dengan keunggulan dan rasa yang yummy, anggur populer dan digemari. Arkeologis menyatakan, bahwa buah anggur adalah salah satu tumbuhan pertama yang dikembangkan di bumi. Jenis anggur beragam, namun yang paling menonjol adalah jenis vitis vinifera, yang berasal dari Laut Hitam.

Semakin banyak yang menyukainya, anggur pun dibawa ke berbagai daerah, membuat kegunaan anggur pun kian beragam. Hingga kini, buah anggur dimanfaatkan sebagai buah segar produk olahan seperti minuman fermentasi beralkohol (wine), dijadikan kismis, dan untuk keperluan industri selai dan jeli. Saat ini, peneliti terus melihat kehebatan yang terkandung dalam anggur, khususnya untuk keehatan manusia. Buah ini pun semakin banyak mendapat perhatian, khususnya dunia kesehatan.

Anggur banyak mengandung phytonutrients, yaitu substansi aktif di dalam tanaman yang memberikan aroma, warna dan rasa, juga sebagai pelindung dari bakteri, matahari, dan serangga. Phytonutrients inilah yang membantu manusia melawan atau biasa disebut antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal. Tambahan lagi, adanya carotenoid dan lycopene yang melawan penyakit.

Penyakit yang bisa dilawan atau dikurangi risikonya oleh zat resveratrol yang terkandung dalam kulit anggur segar antara lain tipe kanker tertentu, termasuk gangguan jantung, penyakit otak, dan penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut.

KANKER:
Resveratrol adalah kunci minuman anggur merah kaena terbuat dari kulit anggur (anggur putih tidak). Penelitian terkini pun menyarankan Anda untuk mengonsumsi 4 gelas atau lebih anggur merah setiap minggu untuk mengurango risiko kanker prostat dan tipe kanker tertentu (usus, payudara, perut dan leukemia) hingga setengahnya.

OTAK:
Resveratrol membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi potensi gangguan syaraf akut dan krinis, menghambat struktur kecil di disekitar saraf (fibril) yang menyebabkan penyakit Parkinson.

JANTUNG:
Antioksidan dalam anggur mengurangi oksidasi LDL-C yang dipercaya memiliki peran kritis dalam tahap awal proses atherosclerotic. Dalam itu pula, buah anggur mengandung resveratrol. yang menjadi sumber flavonoids, termasuk catechins, quercetin, procyanidis dan anthocyanins yang membantu mencegah penyakit jantung. Flavonoids memberikan anti-sumbatan pada aliran darah seperti yang ada pada aspirin. Hasil studi jus anggur pun memperlihatkan pengurangan pada kolesterol LDL untuk beroskidasi.

Penelitian mengenai kegunaan anggur untuk kesehatan ini disponsori oleh The California Table Grape Commission melalui program riset tahunannya.

CONTACT US:

HENRY

CALL:
0852 111 77 475
021 - 33000 881

SMS / WA / LINE : 0899 830 8358
YM: H99RR
BB: 7CDF 2ECC

Email : cs@indobiz99.net
Lokasi: Jakarta Barat

Username kaskus & forum detik: H99RR
Bisa comment di forum tsb.

Backup website:
www.lcdhouse.blogspot.com

Backup email:
h99rr@yahoo.co.id